PKLK – Dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK), Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghelat Festival dan Lomba Literasi PKLK 2017. Festival dan Lomba Literasi PKLK 2017 dihelat di Pekanbaru, Riau pada 4-7 April 2017.

Ada pun jenis lomba yang digelar yakni Lomba Bercerita (Mendongeng) untuk SDLB, Lomba Menyarikan Buku (Sinopsis) untuk SMPLB, Lomba Penulisan Kreatif (Cerpen) untuk SMALB, dan Lomba Cipta dan Baca Puisi untuk SMPLB serta SMALB.

Untuk Lomba Bercerita (Mendongeng), para peserta diminta menyiapkan dua cerita yang akan ditampilkan, yakni babak penyisihan dan babak final (jika lolos). Dalam penilaian, keruntutan alur cerita dan kejelasan pesan yang disampaikan melalui cerita perlu diperhatikan para peserta.

Untuk Lomba Mensarikan Buku (Sinopsis), para peserta perlu memperhatikan kekuatan penulisan melalui pemanfaatan bahasa (diksi, kalimat, dan gaya bahasa yang baik dan efektif). Peserta juga seyogianya memperhatikan nilai-nilai kehidupan atau budaya yang dituliskan pada sari buku sesuai dengan isi buku.

Pada Lomba Penulisan Kreatif (Membuat Cerpen), para peserta perlu mewanti-wanti nilai-nilai optimisme dan sikap positif dalam memaknai hidup dalam cerpen dan esai. Peserta juga harus memperhatikan keaslian dan kebaruan pada isi cerpen dan esai.

Pada Lomba Cipta dan Baca Puisi, para peserta harus orisinil dalam menciptakan puisi (bukan plagiat atau ciptaan guru). Ada pun tema puisi yang diangkat yaitu kejujuran, persahabatan, keberanian, dan keadilan.